Jumat, 09 Desember 2011

Islam

Islam (Arab: al-islām, الإسلام : "berserah diri kepada Tuhan") adalah agama yang mengimani satu Tuhan, yaitu Allah SWT(Subhanahu wa Ta'ala). Islam memiliki arti "penyerahan", atau penyerahan diri sepenuhnya kepada Allah SWT (Arab: الله, Allāh).Pengikut Islam disebut Muslim yang berarti "seorang yang tunduk kepada Tuhan", atau lebih lengkapnya adalah Muslimin bagi laki-laki dan Muslimat bagi perempuan. Islam mengajarkan bahwa Allah menurunkan firman-Nya kepada manusia melalui para nabi dan rasul utusan-Nya, dan meyakini dengan sungguh-sungguh bahwa Nabi Muhammad SAW(Shollahu 'alaihi Wasallam) adalah Nabi dan rasul terakhir yang diutus ke dunia oleh Allah.
Dasar Islam ada pada dua kalimah shahādatāin ("dua kalimat persaksian"), yaitu "asyhadu an-laa ilaaha illallaah, wa asyhadu anna muhammadan rasuulullaah" - yang berarti "Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan saya bersaksi bahwa Muhammadadalah utusan Allah".bila seseorang meyakini dan kemudian mengucapkan dua kalimat Syahadat ini, ia dapat dianggap telah menjadi seorang muslim dalam status sebagai mualaf (orang yang baru masuk Islam dari kepercayaan lamanya).
Agama Islam mempercayai bahwa al-Qur'an dan Sunnah (setiap perkataan dan perbuatan Muhammad) sebagai sumber hukum dan peraturan hidup yang fundamental. Islam tidak menganggap Nabi Muhammad SAW sebagai pengasas agama baru, melainkan sebagai penerus dan pembaharu kepercayaan sebelumnya yang diturunkan kepada Nabi Ibrahim, Nabi Musa, Nabi Isa, dan Nabi lainya yang diutus Allah SWT.
Adapun sebagaimana dinyatakan dalam al-Qur'an, umat Islam juga diwajibkan untuk beriman dan meyakini kebenaran kitab suci dan firman-Nya yang diturunkan sebelum Al-Qur'an (Zabur, Taurat, Injil dan suhuf para nabi-nabi yang lain) melalui nabi dan rasul terdahulu sebelum Nabi Muhammad SAW.

0 comments:

Posting Komentar